Frequently asked questions (FAQ)

Kumpulan pertanyaan yang umum ditanyakan saat kami menjelaskan tentang
SAFECASH

FAQ

jika ada pertanyaan lanjutan, hubungi [email protected]

SAFECASH merupakan produk penyedia layanan transfer dana yang dirilis oleh PT Inklusi Keuangan Nusantara ("Perusahaan"). Penyelenggaraan kegiatan transfer dana tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi SAFECASH yang dapat diunduh dari Play Store pada gawai Android.
Sebagai penyelenggara kegiatan transfer dana, SAFECASH menerapkan kebijakan terkait perlindungan konsumen. Kebijakan tersebut mengacu pada peraturan perundang-undangan tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.
SAFECASH merupakan aplikasi yang memiliki izin transfer dana yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) pada tanggal 14 Agustus 2019 dengan nomor lisensi 21/253/Bd/8.
Kode unik adalah nominal yang ditambahkan oleh sitem ke 3 digit terakhir dari jumlah yang ditransfer yang berfungsi sebagai kode verifikasi transaksi kamu melalui SAFECASH. Jika kamu tidak mentransfer sesuai kode unik, danamu akan gagal diverifikasi, sehingga transaksi akan dibatalkan.
Untuk saat ini, kode unik akan disimpan oleh SAFECASH karena juga menjadi biaya admin atas transaksi transfer yang dilakukan pengguna.
  • Download aplikasi SAFECASH di Play Store. Saat ini Aplikasi SAFECASH hanya tersedia untuk versi Android
  • Silahkan mengaktifkan lokasi perangkat, yang menggunakan layanan lokasi Google kemudian klik "Oke" untuk masuk ke pendaftaran Akun.
  • Selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun dengan terlebih dahulu memasukkan nomor handphone.
  • Klik "Lanjut"
  • Tunggu beberapa saat, Anda akan menerima kode OTP yang akan dikirim via SMS.
    Apa itu kode OTP?

    Kode OTP (One Time Password) merupakan salah satu cara transaksi dalam dunia digital sekarang yang difungsikan sebagai pin untuk keamanan. Biasanya Kode OTP (One time password - kunci digital sekali pakai ) atau pin tersebut di kirim ke nomor telepon atau di hubungi ke telepon kita langsung.

    Kode OTP akan dikirim ke nomor yang Anda daftarkan menjadi akun SAFECASH. Anda akan selalu diminta untuk memberikan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS setiap kali Pengguna akan melakukan log in.

  • Klik tombol "Lanjut". Apabila kode OTP sudah sesuai.
  • Anda akan diminta untuk memasukan nama sesuai dengan KTP.
  • Klik tombol "Lanjut". Lalu pengguna SAFECASH akan masuk ke halaman untuk membuat password.
  • Klik tombol “Lanjut”. Selanjutnya, pengguna SAFECASH akan masuk ke halaman "Konfirmasi Registrasi" untuk memastikan bahwa Nama dan Nomor telepon yang dimasukan sebelumnya sudah benar.
  • Jika data yang dimasukan sudah sesuai, klik tombol "Daftar Akun Sekarang". Lalu, pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa Akun SAFECASH pengguna telah terdaftar dan registrasi telah berhasil dilakukan.
  1. Login dengan no HP yang terdaftar di Aplikasi SAFECASH
  2. Pilih 'Lupa Password'
  3. Masukkan kode OTP yang diterima
  4. Masukkan Password baru Anda di kolom yang tersedia
  5. Konfirmasi Password baru Anda di kolom yang tersedia
  6. Klik 'Ubah Sekarang'
  7. Selamat, Password Anda sudah terganti
  8. Anda dapat melakukan transaksi sekarang
  9. Mohon untuk tetap mengingat dan menjaga kerahasiaan Password Anda
Jika Anda salah sebanyak 3x dalam memasukkan password saat login aplikasi, silahkan menunggu selama 30 menit untuk dapat login kembali.
Jika Anda tidak ingat dengan PIN Transaksi, Anda dapat melakukan perubahan PIN Transaksi dengan langkah-langkah berikut ini :
  1. Log in aplikasi SAFECASH
  2. Pilih "Akun"
  3. Klik "Atur Akun"
  4. Pilih "Ubah PIN"
  5. Masukan kode OTP (diterima melalui sms ke nomor telfon yang terdaftar pada aplikasi)
  6. Masukan PIN baru (terdiri dari 6 nomor)
  7. Verifikasi kembali PIN baru Anda
One Time Password (OTP) diperlukan untuk transaksi dan mengamankan akun SAFECASH.
Jika akun SAFECASH terblokir karena salah memasukkan kata sandi (PIN) hingga 3 kali berturut-turut, silahkan menunggu dalam waktu 1 jam dan akun Anda akan aktif secara otomatis.
Setelah Anda mengunduh aplikasi SAFECASH melalui Google Play Store, Anda dapat melakukan registrasi dan verifikasi untuk menggunakan layanan transfer dana milik SAFECASH.
  1. pengguna harus melakukan verifikasi kartu identitas dengan langkah berikut:
    1. Foto KTP diunggah ke aplikasi;
    2. Foto selfie diunggah ke aplikasi;
    3. Foto selfie dengan KTP diunggah ke aplikasi.
  2. Selanjutya, pengguna harus mengisi data diri dan tempat tinggal sesuai dengan KTP
  3. Kemudian Pengguna akan diminta untuk memasukkan data biometric
    1. Rekaman suara pengguna (sesuai perintah pada laman verifikasi).
    2. Foto tanda tangan pengguna pada selembar kertas putih.
  1. masuk ke fitur "Kirim Uang";
  2. Setelah Pengguna masuk ke fitur "Kirim Uang", akan muncul tampilan syarat dan ketentuan untuk Info Transfer, jika Pengguna sudah mengerti maka klik Ok, Saya Mengerti
  3. Pengguna memasukkan nominal transfer yang diinginkan (minimum Rp10 ribu, maksimum Rp 100juta per transfer), lalu klik "Lanjut”
  4. Pengguna selanjutnya memilih bank tujuan transfer yang tersedia pada aplikasi SAFECASH;
  5. Pada laman Tujuan Transfer, isi nomor rekening tujuan pada kolom yang tersedia;
  6. Kemudian Klik "Lanjut", pengguna diminta untuk memasukkan nama pemilik rekening penerima dana;
  7. Pastikan nomor rekening tujuan sudah sesuai dengan nama dari pemilik rekening,
  8. Jika sudah sesuai Klik "Lanjut" dan masukkan nomor handphone penerima transfer untuk mendapatkan notifikasi. Lalu pilih "Lanjut"
  9. Setelah itu, pengguna akan mendapatkan tampilan untuk Syarat dan Ketentuan Transfer untuk dibaca terlebih dahulu oleh Pengguna, dan apabila Pengguna setuju klik tombol "Saya Setuju"
  10. Setelah pengguna menyetujui syarat dan ketentuan transfer, maka pengguna akan masuk ke halaman pembayaran.
  11. Ketika pengguna menekan tombol ‘Bayar Sekarang’, pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN.
  12. Saat melakukan transaksi untuk pertama kali, pengguna akan diminta untuk membuat PIN yang akan digunakan pada setiap transaksi
  13. Pengguna kemudian akan diminta untuk mengkonfirmasi PIN, lalu pilih "Buat PIN Sekarang";
  14. Jika pengguna sudah pernah mengatur PIN yang digunakan, pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN yang sebelumnya sudah dibuat;
  15. Setelah memasukkan PIN yang benar, akan muncul rincian pengiriman transfer dana pada layar aplikasi.
  16. Jika transaksi berhasil dilakukan pengguna akan mendapatkan push notification melalui aplikasi SAFECASH dan Pengguna dapat melihat status transfer miliknya dalam "Fitur Riwayat". Selain itu, SMS pemberitahuan akan secara otomatis terkirim ke nomor handphone penerima transfer;
Transaksi transfer dana akan diproses pada hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00-17.00 wib), jika Anda melakukan transaksi transfer dana setelah jam operasional maka akan diproses pada hari berikutnya pada jam operasional (Senin hingga Jumat, pukul 08.00-17.00 wib).
Transaksi yang tidak sesuai akan kami proses refund (pengembalian dana) ke rekening pengirim dana maksimal dalam 2x24 jam pada jam operasional (Senin hingga Jumat pukul 08.00-17.00 wib), dengan terlebih dahulu Pengguna mengirimkan kelengkapan data ke [email protected] dengan format sebagai berikut:
  • No.Hp terdaftar pada aplikasi SAFECASH :
  • Tipe hp/perangkat yang digunakan saat ini :
  • NIK terdaftar :
  • Foto bukti transfer :
  • Rician Transaksi (jumlah nominal transaksi dan rekening tujuan transaksi) :
  • Nama rekening pengirim dana :
  • Nomor rekening pengirim dana :
Bisa. Akun SAFECASH bisa digunakan untuk beberapa ponsel dengan nomor telfon terdaftar yang sama.
Segera menghubungi Customer Service SAFECASH email ke [email protected]. Tim kami akan membantu anda.
Untuk saat ini, biaya transfer dana menggunakan aplikasi SAFECASH adalah sebesar kode unik yang dibayarkan bersamaan dengan jumlah tertransfer.
Nominal minimal transaksi Rp 10,000 dan nominal maksimal per transaksi Rp100.000.000.
Silahkan hubungi Customer Service SAFECASH untuk permintaan bantuan lebih lanjut.
Status transaksi akan ditampilkan pada halaman “history transaksi” pada aplikasi SAFECASH.